Kamis, 20 November 2014

S E D E K A H

Diposting oleh Unknown di 21.16



Assalamu’alaikum ..Slamat siang..
Mudah-mudahan teman-teman semua selalu di berkahi oleh Allah dan dimudahkan rizkinya.. Amin..

Ngomong-ngomong rizki, dan sedekah.. Beberapa hari yang lalu saya dapat info dari grup untuk pengumpulan dana pengecoran teras masjid di komplek pembangunan  Islamic center  Muslim Merapi. Islamic Center ini nantinya InsyAllah akan menjadi pusat kegiatan Sosial & Dakwah Ahlusunnah dilereng Merapi bagian timur, yang di dalamnya terdiri dari Pesantren Tahfidz dan Panti Asuhan Tahfidz serta Taman Pendidikan Al-Qur’an .Alhamdulillah ada pembangunan ini, karena yang saya tahu di daerah merapi kristenisasi sudah marak dan banyak. Kebetulan saya sekarang tinggal di Jalan Kalurang Km 14, dan sebelumnya saya juga sering mengadakan acara kampus di sekitar lereng merapi sehingga saya tahu kondisi lapangan disana seperi apa, sudah terblok-blok yang Non-Islam dan ada juga Islam namun kejawen. Perlu pendekatan khusus dengan warga-warga di lereng merapi. Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan ini dapat meningkatkan kaum muslim disekitar lereng merapi. 

Beberapa menit yang lalu, teman sekelas saya mengetu pintu. Tumben sekali ga ada tugas ga ada ujian ga ada apa-apa ke kostan hahahha. Ternyata dia mau sedekah untuk pembangunan Islamic center merapi tersebut, kebetulan saya kemaren share ke semua grup yang ada di WA saya. Dia kira saya panitianya.. Gedubrag, bukan dan saya suruh dia transfer ke no.rek yang kmren saya kirim. Subhanallah, Alhamdulillah mudah-mudahan berkah untuk saudariku..

Untuk temen-temen yang mau bersedekah juga untuk pembangunan Islamic Center Muslim Merapi ini bisa buka webistenya di www.muslimmerapi.com

Ngomong-ngomong sedekah.. Teringat satu buku yang saya dapatkan di kajian kemuslimahan TMUA (Takmir Masjid Ulil Albab) 17 Mei 2014 secara gratis.heheh Judul bukunya “10-1=19 Hidup Bahagia Dengan Sedekah” ditulis oleh Muhammad Syafi’I Masykur.
Sedekah, Apa Sih Sedekah?
Sedekah adalah Pemberian dari seseorang yang memiliki kelebihan harta kepada orang yang membutuhkan. Disini kelebihan rizki tidak pasti kaya, ketika orang tersebut sudah merasa cukup dan ingin berbagi.
“ kaya itu ketika didalam dompetmu terdapat uang 20.000 dan 2000 ribu dan kamu menyedekahkan uang mu yang 20.000 kepada orang yang membutuhkan, itu kaya yang sesungguhnya.”
Kenapa karena dia tidak takut akan habis uangnya dan dia yakin Allah akan membalas kebaikannya. Karena pada hakikatnya bersedekah adalah sebagai realisasi syukur nikmat. Seperti Firman Allah:
“ Dan (Ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim:7)
Anda Bersyukur Nikmat Bertambah, Anda Sedekah, Rejeki Melimpah.
Cara-cara Allah memberi Rejeki?
  1. Allah memberi Rejeki tanpa adanya usaha manusia, yaitu rejeki lahirnya kita dengan tubuh normal tanpa cacat sedikit pun. Alhamdulillah
  2. Allah memberi Rejeki dengan Wasilah usaha manusia.
Jika dilihat dari usahanya, Allah memberikan rejeki dengan dua cara, yaitu:
  1. Dari jalan yang dapat di duga, yaitu bekerja di suatu pekerjaan. 
  2.   Dari jalan yang tidak dapat di duga.
Mau rejeki yang tidak disangka, maka amalkan lah Firman-Firman Allah :
“ Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscahya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangka dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscahya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq:2-3)
Orang yang bertakwa adalah orang yang seperti apa:
“(yiatu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami anugrahkan kepada mereka dan mereka yang beriman kepada kitab (Al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhir.” (QS.Al-Baqarah:2-3).
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dan Tuhanmu dari kepada surge yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yiatu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan)orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS.Ali Imron:2-3)

Dalam melakukan kebaikan sertakan Allah dan saya pun masih belajar semata-mata karena Allah Ta’ala. Saya ambil dari buku ini:
“Allah akan memberikan balasan sesuai dengan yang Dia janjikan apabila orang yang beramal itu tulus karena Allah. Akan tetapi, jika orang tersebut beramal demi jabatan, karir politik, pujian dan sanjungan, motif bisnis, mendulang suara, mendapat perhatian dari laki-laki yang dicintainya, dan sebagainya, maka sudah bukan tanggungan Allah untuk membalasnya.”
Menusuk sekali, kalau mau sedekah karena orang yang kamu cintai demi pujian, ih baik sekali ukhti.. minta balasannya sama orang yang kamu mintai perhatian. Tujukan hanya pada Allah semata. Tujukan kesungguhan mu, tunjukan bahwa kamu inginkan perhatian hanya pada Allah semata.
“Segala amal tergantung kepada niatnya dan setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang diniatkannya.(HR. Muslim)
Ini baru 1/3 dari buku “ Hidup Bahagia Dengan Sedekah” masih banyak lagi yang belum saya share disini, mungkin untuk minggu-minggu berikutnya.

Mudah-mudahan bermanfaat.
Untuk pembaca dan untuk saya sendiri.
Jazakumullah Khairan..

Untuk Saudara/i ku mungkin setelah membaca tulisan-tulisan diatas tergerak hatinya ingin bersedekah melalui: 
  1.  Untuk temen-temen yang mau bersedekah juga untuk pembangunan Islamic Center Muslim Merapi ini bisa buka webistenya di www.muslimmerapi.com
  2. Untuk temen-temen yang mau membantu saudara/i kita di palestin dan suriah bisa buka www.syamorganizer.com atau akun facebooknya http://facebook.com/syamorganizer. Atau melalui Pin BB : 74F3134A 
 
Ketika belum bisa bersedekah, setidaknya memberikan peluang pada seseorang untuk bersedekah dengan share informasi ini. Mudah-mudahan amal baiknya mengalir ke kita.. Amin Allahuma Amin.. Syukron.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fabiayyi 'ala irobbikuma tukadziban Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea